.

.

.
  • Latest News

    Monday 2 October 2017

    Kepemilikan Rumah Bukan Hal Eksklusif


    Kendati harga rumah semakin sulit dijangkau, kepemiliikan rumah bukan hal yang bersifat ekslusif.

    Jika dilihat dari hasil survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index pada semester I/2017, 69% responden mengaku sudah memiliki rumah.

    Ike Hamdan, Head of Marketing Rumah.com menyampaikan sebanyak 69% responden survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2017, mengaku sudah memiliki rumah.

    Menurutnya, pemerintah menerapkan banyak kebijakan terkait kepemilikan rumah, seperti rumah subsidi, rumah murah, bantuan pembiayaan perumahan dan lain-lain.

    Ada pula KPR dari BPJS TK (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) yang memberikan bantuan pembiayaan dengan uang muka 5% dan bunga tetap BI 7 Day Repo Rate +3%.

    “Pembiayaan BPJS tersebut diberikan kepada mereka yang belum pernah punya rumah dengan harga rumah yang akan dibeli Rp300-500 juta. Dengan kisaran harga rumah pertama tersebut, konsumen memiliki pilihan untuk mendapatkan rumah di tengah kota terutama berupa hunian bertingkat, atau hunian tapak di pinggiran kota,” katanya, Minggu (1/10/2017).

    Lebih jauh, dari survei tersebut juga terungkap bahwa 45% dari yang mengaku sudah memiliki rumah tersebut mengaku belum terlalu lama tinggal di rumah itu, yakni kurang dari lima tahun.

    Sementara 20% di antaranya sudah menghuni rumahnya selama 5-10 tahun, sedangkan 18% lainnya mengaku tinggal lebih dari 20 tahun.

    Motivasi para responden dalam memiliki rumah sebagian besar adalah untuk ditinggali. Sebesar 36% responden tinggal di rumah yang pertama dibeli atau baru berniat membeli rumah pertama, sedangkan 27% lainnya berniat membeli rumah untuk peningkatan (upgrade), baik luas tanah, jumlah kamar tidur, ataupun lokasi yang lebih strategis.

    Sisanya sebesar 36% melihat rumah sebagai sumber penghasilan, baik sebagai investasi, dikontrakkan, disewakan (kos, kontrakan petak), mau pun untuk dijual kembali.

    Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2017 adalah survei berkala yang diselenggarakan dua kali dalam setahun oleh Rumah.com bekerjasama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura.

    Hasil survei kali ini diperoleh berdasarkan respons 1.020 responden dari seluruh Indonesia yang dilakukan pada bulan Januari – Juni 2017.

    sumber: bisnis
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kepemilikan Rumah Bukan Hal Eksklusif Rating: 5 Reviewed By: Simpro Realty
    Scroll to Top