.

.

.
  • Latest News

    Friday 6 October 2017

    Pembangunan Wilayah Bali Bakal Lebih Merata




    Rencana Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengembangkan kawasan Buleleng di wilayah utara Bali guna memaksimalkan potensi turis asing masuk akan memberikan dampak positif bagi potensi Bali utara yang selama ini belum tergali.

    Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengungkapkan rencana ini akan berdampak positif bagi distribusi pengembangan kawasan yang lebih merata. Pasalnya selama ini rencana pembangunan utamanya terkonsentrasi pada wilayah selatan Bali.

    Di sisi lain rencana ini memberikan tantangan pengembangan infrastruktur yang memadai untuk menciptakan konektivitas. Pemerintah juga telah merencanakan pembangunan bandara baru di Buleleng meskipun lokasi pastinya masih belum diungkapkan.

    “Di luar itu pemerintah juga memiliki rencana mengembangkan Celukan Bawang Port mulai Desember 2017 kapal pesiar yang membawa penumpang. Ada sekitar 5.000 penumpang dan kru yang aka nada setiap kali pelayaran,”katanya Kamis (5/10).

    Belum lagi dengan ekspansi Benoa Port yang menciptakan optomisme bagi pasar turisme di Bali khususnya untuk mendongkrak kinerja perhotelan.

    Pengembangan wilayah Bali utara juga menjadi kabar positif di tengah kondisi kelebihan pasokan hotel dialami wilayah Bali. Sebab kondisi itu tak hanya menciptakan persaingan tarif yang tidak sehat namun juga merugikan pekerja di sektor tourism.

    Tarif kamar yang ditawarkan menjadi terlalu rendah untuk menarik wisatawan, berdampak pada menurunnya pendapatan para pekerja di sektor itu. Hal itu tergambarkan dalam tingkat rata-rata tariff harian kuartal ini yang lebih rendah dibandingkan 2014 dan 2015 pada periode yang sama.
    “Pasar hotel Bali sedikit mirip dengan properti komersial di Jakarta, di mana saat ini tamu hotel dibanjiri pilihan banyaknya akomodasi. Wisatawan pun mempertimbangkan alaternatif hotel yang baru denagn fasilitas lengkap di haraga yang lebih kompetitif,”imbuhnya.

    Sumber: kompas
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pembangunan Wilayah Bali Bakal Lebih Merata Rating: 5 Reviewed By: Simpro Realty
    Scroll to Top