.

.

.
  • Latest News

    Friday 6 April 2018

    Pasok Apartemen di Jakarta Barat Bertambah


    Selain wilayah selatan, sisi barat Jakarta juga tak kalah saing dalam hal lokasi hunian favorit keluarga.

    Colliers International Indonesia mencatat, pada tahun ini Jakarta Barat akan menambah suplai apartemen baru sebanyak 15 proyek. Sedangkan pada tahun depan, tiga proyek apartemen diperkirakan memasuki tahap konstruksi.

    Maraknya pembangunan apartemen di wilayah ini memang seiring dengan tingginya demand dari masyarakat. Apartemen dipilih lantaran hampir sama idealnya dengan tinggal di rumah tapak. Ideal untuk dihuni kaum profesional yang masih single maupun keluarga muda dengan satu atau dua anak.

    Faizal Abdullah Executive Director Cluny Residence mengatakan terkait tata ruang, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat saat ini melakukan program pengembangan kawasan pemukiman dengan mendorong lebih banyak pertumbuhan hunian vertikal. Titik sasarannya meliputi area Kembangan, Kalideres, Cengkareng, dan Kebon Jeruk.

    Faizal menyebut ada banyak faktor mengapa apartemen di Jakarta Barat dengan mudah diserap oleh market. Selain pangsa pasar yang sudah terbentuk dan sejumlah pendukung lain seperti yang disebutkan di atas, kawasan ini juga tengah digadang Pemerintah untuk menjadi SPBB (Sentra Pembangunan Bisnis Barat).

    Setelah koridor S. Parman yang dijejali gedung bertingkat, pusat bisnis Puri Kembangan makin hari makin ramai dihuni korporat besar. Lain hal, Slipicon Valley yang menjadi ruang bagi perusahaan rintisan alias startup menoreh tingkat okupansi yang sangat tinggi.

    “Kondisi ini pula yang memicu peningkatan demand akan hunian vertikal di Jakarta Barat. Sebab, setiap orang pasti menginginkan jarak yang relatif dekat dengan lokasi kerja dan aktivitas rutin lainnya,” katanya Selasa (3/4/2018).

    Di sisi lain, lanjut Faizal, tinggal di apartemen tengah kota terbukti membuat biaya hidup dan transportasi lebih terjangkau. Jelas, karena ke mana-mana dekat dan bisa naik transportasi massal.

    Apalagi saat ini pemerintah merencanakan pembangunan proyek Light Rapid Transit atau LRT koridor 4 dengan rute Puri Kembangan – Tanah Abang sepanjang 9,3 kilometer. Hal ini bahkan sudah tertuang dalam Peta Jaringan Kereta Perkotaan Jabodetabek 2020 milik Pemprov DKI Jakarta.

    Selain itu, setidaknya ada tiga tol yang telahmenghubungkan wilayah ini dengan area lain di Jakarta, di antaranya Tol Dalam Kota (Toldalkot), Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) W1 dan Tol JORR W2.

    Melalui tol JORR W1 dan W2, masyarakat Jakarta Barat bisa menikmati jalan bebas hambatan yang menghubungkan kawasan ini dengan Jakarta Selatan sampai Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

    Sedangkan dari sisi fasilitas publik ada pusat perbelanjaan kelas atas, rumah sakit taraf internasional, hingga pusat pendidikan seperti IPEKA International, Trinity, Springfield, dan Notre Dame. Sementara di jenjang perguruan tinggi terdapat Universitas Esa Unggul, Bina Nusantara (Binus), hingga Trisakti.

    Namun, kata Faizal, saat ini memang banyak konsumen yang lebih suka tinggal dengan akses dekat bandara. Perusahaan pun memilih mengembangkan apartemen di koridor Kebon Jeruk.

    sumber: bisnis
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pasok Apartemen di Jakarta Barat Bertambah Rating: 5 Reviewed By: Simpro Realty
    Scroll to Top