Penjualan properti pada periode Ramadan dan Idulfitri umumnya fluktuatif. Melesu di awal Ramadan dan melambung setelah Hari Raya Idulfitri.
Namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini para pengembang mulai berani menciptakan pasar sejak awal Ramadan hingga setelah Idulfitri meskipun masyarakat umumnya lebih memilih kebutuhan konsumsi.
Beberapa pengembang diantaranya Ciputra (CTRA), Agung Podomoro Land (APLN), dan Cipta Harmoni Lestari tetap melakukan penjualan dan peluncuran proyek baru.
Direktur Ciputra Harun Hajadi mengatakan bahwa pihaknya telah berencana sejak awal tahun untuk melakukan beberapa peluncuran proyek baru yang telah disiapkan sejak awal. Hingga saat ini, pihaknya sama sekali belum melakukan perubahan jadwal.
Salah satu proyeknya yakni Northwest Park CitraLand di Surabaya tahap dua yang baru saja dirilis 10 hari sebelum pemilu telah berhasil mendapatkan transaksi penjualan hingga Rp440 miliar saat peluncurannya.
“Ciputra tetap melakukan peluncuran proyek baru dan produk baru meskipun dalam masa Ramadhan, lebaran, atau pemilu, kita jalan terus tinggal sourcesnya yang diatur,” tuturnya pada Bisnis, Minggu (9/6/2019).
Meskipun demikian, Harun juga membenarkan bahwa perubahan pasar lebih banyak disebabkan oleh siklus pasar yang memang sedang di bawah. Menurutnya, properti lebih banyak dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi makro. JIka pertumbuhan baik, maka properti akan bagus.
Harun optimistis terhadap pembangunan properti sebagai investasi jangka panjang karena kinerja pemerintah yang gencar dalam pembangunan infrastruktur.
“Bulan puasa pasti sepi, siklus penjualan properti selalu begitu dan selalu diantisipasi dengan berbagai promo. Setelah Lebaran biasanya terjadi kenaikan, dan semester dua secara tradisi siklusnya selalu lebih baik daripada semester 1,” ujarnya.
KONSEP YANG KUAT
Sementara itu, COO PT Cipta Harmoni Lestari Andreas Audyanto mengatakan bahwa pihaknya tetap yakin bisa menjual produk-produk propertinya, terutama produk properti komersial terbarunya Marchand Hype Station.
“Tahun ini kami mematahkan mitos-mitos properti yang mengatakan bahwa jualan properti itu susah di tahun pemilu, puasa, dan lebaran,” ungkap Audy belum lama ini.
Dua hari sebelum pemilihan umum atau 15 April 2019, Cipta Harmoni Lestari jugamelakukan Principal Agent Gathering dan mulai membuka kesempatan membukukan Nomor Urut Pendaftaran (NUP) kepada para calon tenant.
Pada akhir April lalu, Marchand Hype Station sudah mencatatkan NUP hingga lebih dari 250 unit, padahal unit yang diperjualbelikan hanya mencapai 240 unit. Menurut Audy, konsep yang berbeda dan lokasi yang menarik membuat orang tetap tertarik pada properti besutan Cipta Harmoni Lestari itu.
“Ini membuktikan, kalau punya konsep yang kuat, pasar pun pasti akan terima. Marchand ini jadi hype station pertama dan satu-satunya di Indonesia. Sesuatu yang baru pasti diikuti, makanya banyak yang bilang kalau ini justru adalah babak baru di area [properti] komersial,” sambungnya.
Senada, General Manager Corporate Marketing Jababeka Residence Handoyo Lim mengatakan, menjelang Ramadan dan Idulfitri tidak ada perubahan pergerakan pasar untuk penjualan dan pembelian properti di Jababeka.
“Target pasar Jababeka Residence, kan, cukup beragam, dari end-user sampai ke investor, sehingga periode seperti Ramadan dan Idulfitri umumnya tidak mempengaruhi jumlah transaksi,” jelasnya.
sumber: bisnis
0 comments:
Post a Comment