.

.

.
  • Latest News

    Wednesday 15 March 2023

    Agen Properti Ungkap Belasan Hotel Laku Terjual di Bali, Harga Rp50 M

     


    Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Bali mengungkap banyak hotel dan vila yang laku terjual di Pulau Dewata sepanjang tahun lalu.

    Ketua Arebi Bali Michael Hikma Gunawan mengatakan saat PPKM dilonggarkan, banyak hotel yang dijual oleh pemiliknya.


    Ia memperkirakan belasan hotel dan puluhan vila sudah terjual alias berpindah tangan.


    Dari belasan hotel yang dijual kebanyakan adalah hotel bintang tiga dan rata-rata harga yang ditawarkan Rp50 miliar. Kebanyakan hotel yang terjual di kawasan Kabupaten Badung, Bali yang mencakup area Sunset Road, Seminyak, dan Legian.


    "Kalau tahun kemarin (2022) ada belasan hotel udah ganti tangan dan kebanyakan bintang tiga yang di-budget Rp50 milar," kata Michael, saat dihubungi Kamis (16/2).


    Sementara itu, puluhan unit vila yang terjual harganya berkisar Rp3,5 miliar hingga Rp7 miliar. Sama seperti hotel, vila yang terjual paling banyak di Kabupaten Badung, Bali.


    Menurut Michael, pembeli hotel dan vila di Bali banyak berasal dari pasar domestik atau WNI yang ingin memiliki properti di Bali.


    "Pada awal pandemi benar-benar total tidak ada yang membeli. Mulai 2022 sudah bagus, sejak PPKM dibuka mulai ada pembeli," ungkapnya.


    Ia juga menduga pengusaha banyak menjual vila dan hotel tahun lalu lantaran kesulitan finansial mengingat tidak ada tamu selama pandemi.


    Selain itu, pemilik memilih melepas hotelnya agar tidak terbebani dengan operasional hotel yang tinggi. Terlebih, karyawannya banyak yang sudah di-PHK.


    "Kadang-kadang juga mereka ada pinjaman dengan bank. Jadi mereka belum mampu bayar jadi sekarang walaupun mereka operasi tidak cukup bayar utang ke bank," jelasnya.


    Di sisi lain, dengan mulai ramainya wisatawan masuk ke Bali, sejumlah hotel juga batal dijual.


    "Dulu dia tidak ada pemasukan sekarang dia punya pemasukan. Apalagi kemarin G20 lumayan hotel-hotel terisi penuh itu. Harganya mereka naikin juga tetap terisi. Kalau villa dan hotel-hotel puluhan yang masih ada (dijual)," ujarnya.


    sumber: cnnindonesia 

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Agen Properti Ungkap Belasan Hotel Laku Terjual di Bali, Harga Rp50 M Rating: 5 Reviewed By: Simpro Realty
    Scroll to Top