.

.

.
  • Latest News

    Wednesday 26 July 2023

    Simak! Ini Untung Ruginya Sewa rumah

     



    Harga rumah yang terus naik membuat sebagian orang kesulitan untuk memilikinya. Padahal rumah merupakan salah satu bagian dari kebutuhan pokok manusia.

     

    Rumah murah cenderung memiliki lokasi di kawasan pinggiran, yang jaraknya jauh dari perkotaan. Menghadapi kondisi tersebut, banyak yang memilih menyewa rumah.

     

    Saat menyewa menyewa rumah tentu butuh pertimbangan matang. Tidak boleh salah langkah agar tak menyesal. Berikut ini pertimbangan sewa rumah dikutip dari Lifepal.


    Keuntungan sewa rumah

    Menyewa rumah bukan berarti pilihan yang tidak bijak. Jika kondisi keuanganmu pas-pasan dan tidak ada spare untuk membeli properti, maka memang pilihan bijak menyewa terlebih dulu sambil mengumpulkan uang untuk men-DP hunian.


    1. Lokasi

    Menyewa hunian pun dapat memberikanmu pilihan yang lebih banyak. Anda bisa memilih kontrakan atau kos yang dari segi lokasi dan tempat kerjamu berdekatan. 

    Sehingga, dari segi waktu dan biaya transportasi lebih hemat. Tapi, apakah benar lebih hemat? Coba perhitungkan lagi pengeluaranmu ketika menyewa rumah.

    2. Perawatan minim

    Selain itu, dengan menyewa sebuah rumah, berarti kamu tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan. Umumnya, perawatan rumah akan dibebankan kepada sang penyewa, tapi dengan catatan telah disepakati sejak awal.

    Dengan perhitungan tersebut, Anda dapat menekan biaya transportasi. Syukur-syukur, hunian yang Anda sewa letaknya dekat dengan tempat kerja, sehingga dapat dicapai dengan jalan kaki atau bersepeda saja. 

    3. Praktis

    Selain sewa hunian, alternatif lainnya adalah sewa apartemen. Karena dinilai lebih praktis, dan bisa memilih apartemen yang dekat dengan tempat kerja.

    Selain praktis, tinggal di apartemen di dekat tempat kerja akan mengeliminir ongkos transportasi. 


    Kerugian sewa rumah

    1. Tak punya aset

    Menyewa hunian sebagai tempat tinggal memang lebih murah di bandingkan membelinya. Namun, menyewa berarti Anda tidak mendapatkan aset, kamu hanya mendapatkan hak sewa guna. 

    2. Pengeluaran setiap bulan

    Menyewa hunian berarti Anda akan menggelontorkan uang per bulan atau tahunan untuk biaya sewa kepada orang lain. Padahal, kalau kita alokasikan dana itu sebagai cicilan, Anda akan mendapatkan aset hunian jika cicilan lunas.

    Itulah hal yang bisa Anda pertimbangkan saat menyewa rumah. Pastikan bahwa pertimbangan di atas disesuaikan dengan kebutuhan Anda ya. 


    sumber: medcomm

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Simak! Ini Untung Ruginya Sewa rumah Rating: 5 Reviewed By: Simpro Realty
    Scroll to Top