.

.

.
  • Latest News

    Friday 4 August 2023

    Catat! Ini Kelebihan dan Kekurangan Beli Rumah Bekas

     


    Memiliki rumah pribadi menjadi impian setiap orang. Namun, tak semua orang punya kesempatan untuk membeli rumah karena harganya yang terus naik.

     

    Untuk menyiasatinya, banyak orang membeli rumah seken atau bekas. Membeli rumah bekas berbeda dengan baru. Ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan.

     

    Jika Anda tertarik membeli rumah seken atau bekas, ketahui dulu keuntungan kekurangan membelinya.


    Keuntungan beli rumah bekas

    1. Lingkungan yang sudah ramai

    Menurut Berly Angkoso, Senior Reseller Account Manager di Pinhome, kelebihan properti yang lebih tua adalah terletak di area atau area yang sudah ramai. Biasanya pemilik pertama menjual rumahnya karena ingin pindah ke rumah lain.


    “Rumah tingkat dua sering ramai sehingga fasilitas umum di sekitar rumah juga lebih mudah dijangkau, seperti sekolah, pasar, dan rumah sakit,” kata Berly.


    2. Harga

    Selain itu, banyak properti sekunder yang harganya di bawah pasar karena kebutuhan mendesak atau pemilik sebelumnya membeli properti tersebut dengan harga yang sangat terjangkau.


    “Bukan hanya karena permintaan yang mendesak, faktor lain yang membuat harga rumah second murah adalah penjual awalnya membeli rumah saat harga tanah dan rumah masih murah dibandingkan harga jual saat ini, kemudian penjual tidak tahu harga pasaran saat ini," 


    3. Siap huni

    Keunggulan lain yang ditawarkan kepemilikan sekunder adalah rumah siap huni tanpa menunggu proses pembangunan atau mundur.


    Kekurangan rumah bekas

    Selain kelebihan membeli rumah, Berly juga menambahkan bahwa rumah bekas bisa diperhitungkan.

    1. Biaya renovasi

    Hal pertama yang harus diperhatikan adalah rumah second memerlukan biaya renovasi karena ada beberapa hal yang perlu dibereskan sebelum bisa langsung digunakan. Berbeda dengan rumah induknya, bangunan ini tidak membutuhkan renovasi karena sudah tua dan tetap kokoh.

    2. Dokumen yang tidak lengkap

    Hal lain yang perlu diingat adalah aset sekunder seringkali memiliki dokumentasi yang tidak lengkap. Contohnya adalah sertifikat rumah dan izin mendirikan bangunan (IMB) yang berbeda dengan rumah sebenarnya. Apa pendapat Anda tentang artikel ini?

    Untuk itu, pembeli harus terlebih dahulu memeriksa kelengkapan dokumen yang berkaitan dengan rumah tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya.

    3. Bayar dengan KPR

    Kelemahan lain dari kepemilikan rumah kedua adalah jika pembeli memutuskan untuk membayar melalui hipotek, pembayaran di muka (DP) yang diperlukan cukup besar.

     

    Memang, bank hanya akan menawarkan plafon pinjaman sebesar 50 sampai 80 persen dari nilai properti tergantung kondisi unit real estate tersebut.

     

    “Rumah sekunder biasanya akan dinilai untuk pembayaran KPR, uang mukanya lebih besar, biasanya 20 persen. Jadi calon pembeli harus menyiapkan sekitar 20 persen," ungkapnya.


    sumber:  medcomid

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Catat! Ini Kelebihan dan Kekurangan Beli Rumah Bekas Rating: 5 Reviewed By: Simpro Realty
    Scroll to Top