.

.

.
  • Latest News

    Tuesday 18 July 2023

    Dorong Milenial Miliki Properti Sendiri, Perbankan dan Developer Tawarkan Beragam Kemudahan

     


    Kalangan pengembang perumahan (developer) dan perbankan berlomba memberikan kemudahan demi mendorong kaum milenial untuk segera memiliki properti.


    Hal itu didasari adanya potensi pasar milenial di Tanah Air cukup tinggi, yaitu dari total 275 juta jiwa masyarakat Indonesia, 25 persen adalah usia produktif dengan rentang usia 22 hingga 39 tahun.


    Sebanyak 15 juta jiwa milenial tersebut berdomisili di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) dengan pendapatan yang berbeda-beda.


    Generasi ini memiliki kebiasaan berbeda, unsur lifestyle menjadi bagian kehidupan milenial, mulai dari travelling, kongkow, belanja hingga menggunakan produk teknologi seperti handphone terkini tanpa memikirkan memiliki properti.


    Kebanyakan dari mereka lebih memiliki untuk menyewa rumah, apartemen dan juga tinggal bersama keluarga.


    Chief Marketing Office Alevee Condominium, Alvin Andronicus menyatakan bahwa masyarakat dan khususnya generasi milenial harus diberikan pemahaman memiliki future plan, setelah berkeluarga dan memiliki anak selanjutnya adalah memiliki tempat tinggal yang nyaman.


    “Generasi milenial yang sudah mature adalah mereka yang berusia 27 tahun ke atas. Dan sudah seharusnya mengerti, diarahkan kemana uang yang didapatkan dari bekerja, usaha dan lainnya, paling tepat adalah membeli properti,” ungkap Alvin Andronicus dalam Elevee Media Talk di Alam Sutera, Tangerang, Banten (17/7/2023).


    Menurut Alvin Andronicus, investasi properti seperti tempat tinggal memiliki karakter berbeda dibanding investasi lainnya, berubah dan selalu naik nilainya.


    “Kesadaran ini harus terus ditumbuhkan karena memiliki properti sama saja sedang berinvestasi, selain itu saat ini perbankan pun memberikan kemudahan untuk pembiayaan bagi milenial ini,” tegas Alvin Andronicus.


    Sementara Head Secured Lending Business MayBank, Anastasia Retno Pratiwi menegaskan bahwa perbankan saat ini  melihat generasi milenial adalah pasar potensial.


    Ini dibuktikan dengan pencapaian kredit pembiayaan di segmen hunian sejak 2,5 tahun terakhir didominasi milenial.


    “Jumlah nasabah KPR/A dari generasi milenial mencapai 53 persen dengan rentang usia antara 27 tahun hingga 40 tahun,” jelas Anastasia Retno Pratiwi.


    Ia pun menambahkan bahwa pencapaian positif dari pembiayaan KPR/A ini dengan nilai outstanding sebesar 15,9 triliun.


    Namun Ananstasia Rertno Pratiwi tak menampik banyak juga calon nasabah MayBank yang gagal dalam pengajuan pembiayaan properti karena bermasalah dalam urusan BI checking, paling besar karena bermasalah dalam kartu kredit.


    Untuk mendorong pembiayaan properti bagi milenial ini, MayBank memberikan kemudahan pada generasi milenial  dengan jangka waktu kredit yang panjang hingga 30 tahun.


    “Selain uang muka hanya 5 persen, MayBank juga memberikan penawaran bunga fixed selama 20 tahun dengan pola fixed 10 tahun pertama bunga sebesar 7 persen dan 10 tahun kedua dengan bunga 9,55 persen,” tegas Anastasia Retno Pratiwi.


    Alvin Andronicus mengakui, saat ini perbankan sangat kompetitif dalam menawarkan pembiayaan KPR atau pun KPA dengan memberikan kemudahan-kemudahan dalam pembayarannya.


    sumber: wartakota

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dorong Milenial Miliki Properti Sendiri, Perbankan dan Developer Tawarkan Beragam Kemudahan Rating: 5 Reviewed By: Simpro Realty
    Scroll to Top