.

.

.
  • Latest News

    Wednesday 9 August 2023

    8 Cara Menghitung Harga Tanah per Meter, Mudah, Gak Bikin Keder! (Bagian 2)

     



    5. Cara Menghitung Harga Tanah per Meter: Berdasarkan Lokasi

    Harga tanah per meter lazinya mengalami peningkatan di kawasan padat penduduk. Semakin maju kawasannya maka harga jual tanahnya makin mahal. Biasanya juga para pengembang akan berburu tanah di kawasan yang memang padat penduduk karena lebih laku dan mudah saat menjualnya. Selain itu, makin strategis lokasi tanah maka semakin tinggi pula harga jualnya.


    Misalnya, sebidang tanah yang hendak dibeli atau Anda miliki ternyata berada di pusat kota, dekat dari pusat pemerintahan dan pusat bisnis. Belum lagi apabila kualitas lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya mendukung. Seperti tersedianya fasilitas umum dan utilitas umum.


    6. Cara Menghitung Harga Tanah per Meter Potensi Investasi

    Tanah termasuk investasi menguntungkan. Sebab, prediksi harga tanah setiap tahunnya mengalami peningkatan secara signifikan. Apalagi semakin strategis lokasinya maka harganya juga akan jauh lebih tinggi. Tanah juga termasuk investasi yang minim perawatan. Untuk itulah banyak orang yang gemar berinvestasi terhadap tanah atau bangunan mereka.


    Bayangkan saja potensi investasi kemungkinan persenan naiknya harga tanah setiap tahunnya mencapai 2 hingga 20 persen. Apalagi kebutuhan tanah semakin lama semakin meningkat karena populasi dan kebutuhan pembangunan. Dengan melihat potensi investasi kenaikan harga tersebut, Anda dapat menggunakannya dalam menghitung harga jualnya per meter.


    7. Cara Menghitung Harga Tanah per Meter: Konsultasi dengan Agen Properti

    Informasi terkait saat menghitung harga tanah per meterjuga bisa Anda dapatkan melalui agen properti profesional. Umumnya agen properti akan memberi masukkan terhadap harga jual tanah yang Anda miliki dan harga tersebut biasanya tidak jauh dari harga pasaran.


    Jadi tak perlu ragu untuk meminta bantuan agen properti juga dapat menjadi opsi untuk mendapatkan harga jual tanah yang ideal. Meski demikian, Anda harus memastikan bahwa agen atau broker yang kamu pilih sudah punya kredibilitas tinggi, reputasi baik, dan pastinya mampu bekerja secara profesional.


    Biasanya, agen akan membantu memberikan arahan terkait harga jual yang rasional untuk properti milik Anda. Pasalnya, agen properti sebagai yang sudah berpengalaman, tentunya sudah tahu berapa kisaran harga pasar untuk tanah yang ada pada suatu lokasi tertentu,


    8. Cara Menghitung Harga Tanah per Meter Konsultasi dengan Notaris

    Notaris tidak hanya bertugas sebagai perantara atau saksi, tapi notaris juga dapat memberikan informasi mengenai harga tanah setempat. Anda dapat menanyakan kepada notaris berapa harga jual yang pantas untuk tanah per meter yang Anda butuhkan sesuai dengan lokasi lahan, fasilitas publik yang dekat, dan luas lahannya.


    Pastikan Anda mengetahui, kalau notaris tidak hanya berperan sebagai perantara transaksi jual beli properti, tetapi juga membantu menaksir harga yang tepat untuk aset tanah Anda.


    sumber: rumah

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 8 Cara Menghitung Harga Tanah per Meter, Mudah, Gak Bikin Keder! (Bagian 2) Rating: 5 Reviewed By: Simpro Realty
    Scroll to Top