.

.

.
  • Latest News

    Monday 7 August 2023

    Simak, Ini Untung Rugi Beli Rumah Hasil Lelang

     



    Membeli rumah lelang menjadi alternatif memiliki hunian dengan harga miring. Rumah lelang adalah rumah yang ditawarkan oleh bank karena debitur tidak mampu membayar kreditnya.

     

    Ketika debitur gagal bayar, rumah tersebut akan diambil alih oleh bank, dilelang, dan dijual. Rumah lelang hasil sitaan bank menarik karena harganya lebih murah, yakni 70 hingga 90 persen dari harga pasaran.

     

    Jika Anda berencana membeli rumah lelang, pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi rumah. Anda juga perlu memperhatikan lingkungan dan kondisi rumah jangan sampai hanya tergiur dengan harga murah.


    Untuk membeli rumah lelang, Anda tak bisa membelinya secara langsung melainkan harus datang dan mendaftar ke balai lelang swasta atau pemerintah yang dikelola oleh KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) yang ditunjuk.

     

    Bagi Anda yang tertarik membeli rumah lelang, di bawah ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan sebagai acuan atau pertimbangan.


    Keuntungan beli rumah lelang

    1. Harga yang ditawarkan lebih murah

    Harganya lebih murah dibandingkan rumah baru atau bahkan rumah lama. Pasalnya, pihak bank sangat ingin menarik kembali kredit yang diberikannya kepada nasabah yang tidak melunasi rumahnya.


    2. Lokasi telah berkembang

    Salah satu kawasan yang memungkinkan biasanya di kawasan pemukiman yang sedang berkembang.


    3. Fasilitas yang memadai

    Beberapa asesoris rumah seperti garasi, gerbang dan sejenisnya masih dapat digunakan, yaitu tidak perlu menggantinya.


    Kerugian membeli rumah lelang

    1. Membutuhkan renovasi

    Jika Anda memilih rumah dengan harga terjangkau, bersiaplah menerima bahwa kondisi rumah tidak lagi dalam kondisi terbaiknya, sehingga Anda tetap harus merenovasi sana-sini.


    Biaya renovasi sangat besar jika rumah lelang tidak dirawat. Bahkan, jika Anda mengunjungi situs web rumah lelang bank BUMN, Anda mungkin menemukan beberapa rumah yang dilelang tidak layak huni.


    2. Hambatan dari penghuni sebelumya

    Selalu ditempati oleh warga adalah masalah berikutnya. Kemungkinan pemilik aslinya belum pindah karena bank baru bisa melelangnya meski rumahnya masih ditempati.


    3. Lingkungan sekitar

    Kondisi lingkungan belum tentu baik, misalnya banjir atau bahaya. Lain halnya ketika rumah itu layak huni dan kosong, tetapi lingkungannya tidak nyaman.

     

    Dengan pro dan kontra yang disebutkan, sebaiknya jangan gegabah saat membeli rumah lelang. Tidak perlu ragu untuk melakukan beberapa survei untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.

     

    Misalnya, pastikan jalan setapak tidak terlalu ramai saat jam sibuk atau pastikan tidak banjir dengan mengunjungi pemukiman penduduk saat hujan deras. 


    sumber: medcomid

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Simak, Ini Untung Rugi Beli Rumah Hasil Lelang Rating: 5 Reviewed By: Simpro Realty
    Scroll to Top